Cari Info — Saat itu, hari masih gelap, angin pagi masih berhembus sejuk. Tapi yang keluar dari tubuh ini malah keringat dingin. Tiap menit tidak makin hilang, tapi semakin mengucur saja keringat dingin ini. Mata masih terlelap karena ngantuk dan hampir tidak peduli dengan keringat dingin. Semakin lama tidak bisa ditahan, ternyata ada sesuatu yang aneh pada perut bagian bawah.

Dengan mata masih terpejam karena kantuk, tangan menggapai sesuatu dikanan kiri. Siapa tahu ada obat yang terdekat. Rasa sakit itu semakin lama semakin terasa, bahkan semakin parah. Dan rasa ini tidaklah asing, biarpun sambil merem, sudah bisa ditebak kalau perut MASUK ANGIN. Saya memang sudah terbiasa dengan penyakit yang satu ini. Maklum ada sesuatu yang salah pada perut saya yang hampir tiap saat kambuh. Pasti temen-temen sudah tahu, sakit itu adalah MENCRET.

Karena sering sakit perut dan mencret, maka obat hampir pasti selalu tersedia di tas. Perut seperti punya saya memang cenderung manja. Sedikit kena angin, sakit. Tidur gak pake baju, kumat. Rebahan dan selonjoran di lantai keramik tanpa alas, masuk angin. Jadi saya sudah tidak kaget dan tidak penasaran lagi, hehehehe.


Tapi pagi itu, sakit perut saya lain daripada yang lain. Semakin lama tambah sakit dan melilit-lilit. Dan seperti biasa, perasaan ingin buang air besar (BAB) pasti ada. Tapi yang lebih aneh, rasa ingin BAB ini tidak bisa langsung di ujung. Ternyata penyakitku tidak cuma satu, ada lagi penyakit aneh menyerang, TIDAK BISA KENTUT.

Mata yang tadinya berat untuk terbuka, langsung terbelalak merasakan sakit aneh ini. Melilit-lilit dan melintir-lintir rasanya. Rasa binging campur kesakitan beraduk-aduk dalam diri saya. Apa yang harus saya lakukan? Kebetulan obat yang persediaan di tas juga kebetulan habis. Kasihan sekali diri saya, meahan sakit dan tidak tahu cara mengobatinya.

Tapi, keajaiban itu ternyata ada di depan mata. Tangan yang tadi meraba-raba mencari obat, ketemu sama hp. Ya HP android merk Lenny A6K secepat kilat langsung digenggaman. Tanpa BABIBU lagi, jari mengetik di pencarian google, OBAT DAN CARA MENGATASI SUSAH KENTUT. Dan karena sinyal bagus, pilihan-pilihan postingan keluar di halaman pertama. Satu di klik dan cara mengatasi tidak bisa pun keluar. Dan obatnya adalah, KENCUR!

Ada yang tahu kencur? Menurut wikipedia, kencur adalah salah satu jenis tanaman obat (empon-empon) yang tergolong dalam suku temu-temuan. Tanaman kencur mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Masih menurut wikipedia, kencur juga biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Dan orang jawa sering menjadikan kencur sebagai Jamu.

Nah, jika kawan-kawan sudah tahu, apa itu kencur, ada tambahan lagi bahwa kencur bisa buat obat. Seperti yang saya bilang diatas, kencur bisa buat susah kentut. Cara pengobatannya, menurut yang saya lakukan, hanya saya kupas kulitnya dan langsung saya kunyah (jawa: ganyah). Rasanya ada pahit nya dan ada getarnya. Tapi yang paling dominan adalah rasa SEPET. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sepet bararti cak rasa kelat seperti rasa buah salak yang masih mentah. Tapi berhubung untuk obat, saya enak-enakin aja ngunyahnya,

Nah itulah pengalaman saya waktu gak bisa kentut. Setelah saya makan kencur tidak lama pun saya bisa bersendawa. Dan tidak sampai 5 menit, tiba-tiba dalam perut ada sesuatu yang bergerak-gerak dan akhirnya, tuuuuuuuttttthhhh.... Angin diperut itu akhirnya bisa keluar dengan selamat, hehehehe. Semoga pengalaman saya ini bisa membantu teman-teman yang lain jika sakit perut dan susah kentut.
Copyright © CARI INFO - All Rights Reserved | Powered by Wisata Karimun Jawa | Supported by: Blogger